Selamat Datang di Website Kelurahan Sidoharjo Kec. Pacitan Kab. Pacitan

Artikel

Sidoharjo Bertekad Menjadi Produsen Klanceng

12 Juli 2022 00:00:00  Administrator  20 Kali Dibaca  Berita Desa

KELURAHAN SIDOHARJO- Ada beberapa jenis madu yang terdapat di Pacitan. Salah satunya adalah Madu Klanceng. Madu ini dihasilkan dari Lebah Klanceng (Trigona Spp) yang menghisap nektar bunga. Jika biasanya madu memiliki rasa manis, madu klanceng cenderung memiliki rasa asam. Meski begitu, madu klanceng memiliki banyak manfaat yang tentunya baik untuk kesehatan dan dapat menjaga daya tahan tubuh.

Di Lingkungan Tamperan Kelurahan Sidoharjo Kecamatan Pacitan, ada 4 warga yang membudidayakan lebah klanceng. Cara budidaya lebah ini dengan mengambil ratunya kemudian dimasukkan ke sarang yang sudah disediakan. Jadi semua lebah nantinya akan mengikuti ratunya.

Dalam pengembangbiakan lebah klanceng tidak diperlukan perlakuan khusus. Lebah akan mencari makan sendiri pada siang hari dan kembali ke sarang saat malam hari. Sarang juga tidak perlu dibersihkan karena dapat mengganggu lebah. Oleh karenanya banyak yang tertarik untuk mendalami bisnis madu klanceng ini, termasuk masyarakat Sidoharjo.

Namun, kendala yang dikeluhkan para calon peternak adalah modal. Menanggapi hal itu, Pemerintah Kelurahan Sidoharjo berencana pada tahun 2023 mendatang akan memberikan bantuan berupa modal awal kepada calon peternak lebah klanceng. Setelah diberikan modal, diharapkan akan semakin banyak masyarakat Sidoharjo yang membudidayakan lebah klanceng.

"Saya membudidayakan lebah klanceng ini juga masih baru, bahkan belum ada satu tahun. Awal Mula saya membuat usaha ini, saat di kelurahan ada pelatihan dari proses awal sampai pengambilan madu. Kemudian saya tertarik untuk melakukan usaha tersebut," Ujar Narsam Peternak Lebah Klanceng di Sidoharjo, kemarin (05/07).

Peternak bisa memanen madu klanceng sekitar 3 bulan, itupun jika lebah bisa menghisap nektar lebih banyak, kalau bunganya sedikit maka panennya juga akan lebih lama lagi.

Meski tidak sepopuler madu biasa, budidaya madu klanceng juga memiliki sisi ekonomis bagi peternaknya. Madu klanceng dihargai lebih mahal dari madu biasa karena memang lebah klanceng tidak menghasilkan madu yang berlimpah, yakni hanya 100-200 ml saja per 3 bulan.

(PKL/KelurahanSidoharjo/PemkabPacitan)

#sidoharjo

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Peta Desa

Statistik Penduduk

Arsip Artikel

Agenda

Belum ada agenda

Sinergi Program

Aparatur Kelurahan

Back Next

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Wilayah Kelurahan

Lokasi Kantor Kelurahan


Kantor Desa
Alamat : Jl. Letjend Suprapto
Kelurahan : Sidoharjo
Kecamatan : Pacitan
Kabupaten : Pacitan
Kodepos : 63514
Telepon : 03573230154
Email : [email protected]

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:28
    Kemarin:34
    Total Pengunjung:1.679
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:162.158.79.59
    Browser:Tidak ditemukan